Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 dibuka tanggal 3 September 2020

0
172 views
kartu-prakerja
Listen to this article

Kabar baik bagi warga negara Indonesia yang belum berkesempatan mendaftar Kartu Prakerja. Kartu Pra Kerja saat ini sudah menyelesaikan gelombang 6 dalam prekrutannya.

Artinya akan dibuka lagi Kartu Prakerja Gelombang 7. Jangan sampai ketinggalan lagi untuk mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 7.

Kartu Prakerja untuk Gelombang 7 ini ditargetkan 800 ribu peserta lagi. Pemerintah masih melanjutkan Program Kartu Prakerja, sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan keterampilan warga negara.

Terbaru kartu prakerja gelombang 6 sudah ditutup per 31 Agutus kemarin. Para peserta yang sudah mendaftar tengah menanti pengumuman kelolosan, dipastikan sebanyak 800 ribu peserta akan lolos seperti kuota sebelumnya.

Pengumuman bagi peserta yang lolos gelombang 6 nantinya akan menerima notifikasi SMS ke nomor handphone yang sudah didaftarkan sebelumnya di akun Prakerja.

Nah bagi yang belum berhasil atau tidak lolos nantinya masih ada kesempatan untuk mendaftar kembali di gelombang ke 7. Kemudian tinggal melanjutkan saja tanpa harus melalui proses pengisian data lagi. Silahkan akses www.prakerja.go.id untuk daftar baik bagi yang sudah punya akun ataupun tidak.

Manajemen Pelaksana Prakerja meminta agar pendaftar yang sudah memiliki akun Prakerja untuk segera mendaftar. Louisa Tuhatu (Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja) mengatakan bahwa pendaftaran gelombang 7 akan segera dibuka pada pekan ini.

Namun demikian, pihaknya tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai waktu dan hari dari pembukaan pendaftaran gelombang 7 program Kartu Prakerja.

Louisa pun berharap, bila PMO bisa konsisten membuka pendaftaran dengan kuota 800.000 orang pada setiap gelombang.

Maka target 5,6 juta peserta program Kartu Prakerja akan tercapai dengan empat gelombang pendaftaran lagi.

Pasalnya, dengan memasukkan 800.000 peserta pada gelombang 6, hingga saat ini sudah ada 3,08 juta orang yang lolos sebagai peserta program Kartu Prakerja.

Rinciannya meliputi 168.111 peserta gelombang 1, 288.154 peserta gelombang 2, 224.615 peserta gelombang 3, 800.000 gelombang 4, dan 800.000 gelombang 5.

“Kalau kami bisa konsisten dengan 800.000 per gelombang, maka betul dalam 4 gelombang lagi kuota 5,6 juta peserta akan terpenuhi,” kata Loisa.

Untuk diketahui, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali. Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program tersebut.

Dana itu digunakan untuk biaya pelatihan sebesar Rp 5,6 triliun, insentif sebesar Rp 13,45 triliun, dana survei Rp 840 miliar, PMO Rp 100 juta.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja:

  • Calon pemilik Kartu Prakerja, hanya berasal dari kalangan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal untuk mendaftar karu Prakerja adalah 18 tahun
  • Para penerima kartu Prakerja juga harus dari kalangan yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Dilansir prakerja.go.id, berikut tahap pendaftaran kartu Pra Kerja:

  1. Peserta yang menginginkan kartu Prakerja, diminta untuk mengakses pendaftaran melalui website resmi Prakerja.go.id, kemudian klik tombol ‘Daftar’.
  2. Peserta yang mendaftar kartu Prakerja akan diminta melakukan penginputan data atau mengisi formulir pendaftaran secara online, para petugas Disnaker akan mendampingi peserta saat melakukan pendaftaran secara kolektif.
  3. Kemudian nantinya para peserta Prakerja harus mengikuti dan melalui seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi, atau sama seperti tes kemampuan dasar.
  4. Kemudian para peserta Prakerja akan diminta untuk memilih pelatihan yang disyaratkan oleh industri, kemudian untuk mengikuti pelatihan, dan para peserta dapat membayarnya dengan saldo yang ada di dalam kartu Prakerja.
  5. Para peserta langsung akan mengikuti pelatihan resmi dan akan diberikan sertifikat pelatihan dari lembaga resmi pemerintah.
  6. Setelah itu, peserta akan diminta untuk memberikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan, melalui SISNAKER.
  7. Setelah itu, peserta akan mendapatkan insentif, yang akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo Kartu Prakerja.
  8. Kemudian peserta akan dimintai jawaban mengenai suatu survei, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui feedback atau efektivitas dari program, kesesuaian, pelatihan dan penempatan kerja, dan lain sebagainya.
  9. Setelah selesai melakukan pendaftaran serta sudah mengikuti semua tahap hingga selesai, peserta bisa memeriksa status pendaftaran melalui akun yang sudah kamu daftarkan dan klik ‘cek status pendaftaran’.
  10. Peserta bisa login dengan mengakses halaman resminya di www.pekerja.go.id, dengan klik login atau masuk, kemudian masukkan email atau nomor ponsel dan kata sandi.

Laman dapat diakses melalui PC Komputer atau ponsel smartphone dilengkapi dengan jaringan internet yang memadai.

Apabila mengalami kesulitan dalam mengakses website prakerja.go.id, atau bisa menghubungi nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja, yaitu 021-255-412-246.

Anda dapat menghubungi nomor tersebut pada jam operasional, yaitu pada Senin hingga Jumat, setiap pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Hak Pemegang Kartu Prakerja

Setiap pemegang Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan insentif pelatihan sebesar Rp 3.550.000.

Bantuan insentif tersebut akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan.

Masa pemberian bantuan insentif ini hanya akan berlaku tiga sampai empat bulan.

Bantuan Prakerja ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari masyarakat di Indonesia.

Namun, perlu diketahui, setiap peserta hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali.

Maka pastikan Anda mengisi data diri sesuai dengan data pribadi yang akurat ketika melakukan pendaftaran.

Untuk mengetahui info terkini mengenai Kartu Prakerja Anda dapat mengunjungi akun instagram resmi @prakerja.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here