Ada 2 Juta Rekening Penerima Bantuan Rp 600 Ribu yang Belum Disetor

0
184 views
bantuan-bpjs
Listen to this article

Jakarta – Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Agus Susanto meminta perusahaan segera menyetor rekening pekerjanya yang bergaji di bawah 5 juta. Rekening itu dibutuhkan untuk menyalurkan bantuan Rp 600 ribu yang ditransfer langsung ke rekening pekerja.

“Saya minta bantuan para pemberi kerja, perusahaan atau HRD agar segera mengecek nomor rekening karyawannya untuk diserahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan agar bisa mendapatkan bantuan subsidi upah dari pemerintah,” kata dia dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Senin (24/8/2020).

Pada dasarnya, dia menjelaskan pihaknya sudah memegang data 15,7 calon penerima bantuan Rp 600 ribu. Namun ada data yang belum lengkap karena tidak menyertakan nomor rekening bank.

“Oleh karena itu BPJS Ketenagakerjaan berupaya maksimal untuk mendapatkan nomor rekening bank dari masing-masing peserta 15,7 juta. Dan saat ini sudah terkumpul 13,7 juta, masih ada 2 juta lagi tenaga kerja yang belum mengumpulkan nomor rekening,” ujarnya.

Lebih lanjut, 13,7 juta data yang sudah lengkap dilakukan validasi secara berlapis, salah satunya validasi kepada bank untuk memastikan nomor rekening yang disetor benar.

“Harus kami validasi sebanyak 127 bank. Ini kita lakukan by system secara automatically. Tapi karena jumlah besar perlu waktu. Dari 13,7 juta yang sudah tervalidasi sebanyak 10 juta. Dari 10 juta hari ini kita serahkan 2,5 juta secara bertahap by batch. Ini untuk memudahkan monitoring dan juga kita menerapkan prinsip kehati-hatian,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here